CARA PENULISAN LATAR BELAKANG MASALAH DALAM KARYA ILMIAH

September 14, 2008 at 7:59 am 80 komentar

Latar belakang masalah merupakan uraian hal-hal yang menyebabkan perlunya dilakukan penelitian terhadap sesuatu masalah atau problematika yang muncul dapat ditulis dalam bentuk uraian paparan,atau poin-poinnya saja. Pada bagian ini dikemukakan :
1. Pentingnya masalah masalah yang akan dibahas.
2. Telaah pustaka yang telah ada tentang teknologi yang berhubungan dengan masalah yang dibahas.
3. Manfaat praktis hasil bahasan.
4. Perumusan masalah pokok yang dibahas secara eksplisit. Biasakan perumusan masalah dalam bentuk pertanyaan .
Dalam bagian latar belakang ini diharapkan penulis menuliskan sebab-sebab ia memilih judul atas permasalahan tersebut.Alasan-alasan yang dapat dikemukakan antara lain:
a. Pentingnya masalah tersebut diteliti karena akan membantu pelaksanaan kerja yang lebih efektif misalnya,atau akan dicari pemecahannya karena berbahaya apabila tidak.Jadi pentingnya diadakan penelitian.
b. Menarik minat peneliti karena dari pengalamannya peneliti mendapatkan gambaran bahwa hal itu sangat menarik.
c. Sepanjang sepengetahuan peneliti belum ada orang yang meneliti masalah tersebut.
Latar belakang masalah menguraikan alasan-alasan mengapa masalah dan/atau pertanyaan penelitian serta tujuan penelitian menjadi fokus penelitian. Dalam latar belakang masalah secara tersurat harus jelas subtansi permasalahan (akar permasalahan) yang dikaji dalam penelitian atau hal yang menimbulkan pertanyaan penelitian, yang akan dilakukan untuk menyiapkan skripsi. Secara operasional permasalahan penelitian yang dimaksud harus gayut (relevan) dengan rumusan masalah dan/atau pertanyaan penelitian yang diajukan. Pokok isi uraian latar belakang masalah hendaknya mampu meyakinkan pihak lain, terutama pembimbing dan penguji.
Dengan kata lain, unsur yang perlu diketengahkan dalam latar belakang masalah penelitian sekurang-kurangnya memuat hal-hal berikut:
1) penjelasan dan/atau alasan mengapa masalah dan/atau pertanyaan penelitian yang diteliti itu penting dan menarik untuk diteliti.
2) beberapa bukti bahwa masalah yang diajukan belum ada jawaban atau pemecahan yang memuaskan. Harus dijelaskan bahwa masalah yang diajukan/diteliti belum pernah diteliti oleh siapapun, dan jika ini merupakan penelitian ulang (replikasi) harus dijelaskan alasannya mengapa hal itu dilakukan.
3) Kedudukan masalah yang diteliti dalan konteks permasalahan yang lebih luas dengan memperhatikan perkembangan bidang yang dikaji.

Dalam hal ini para penulis sebaiknya menyadari bahwa pemilihan masalah harus didasarkan atas minat dan penghayatan sendiri.
Alasan pemilihan masalah yang paling tepat adalah adanya kesenjangan antara apa yang diharapkan dengan apa yang terjadi.Menurut Prof.Dr. Winarno memilih masalah adalah mendalami masalah itu,sehingga harus dilakukan secara lebih sestematis dan intensif.
Selanjutnya oleh Dr.Winarno dikatakan bahwa setelah studi eksploratoris ini penulis menjadi jelas terhadap masalah yang dihadapi,dari aspek historis,hubungannya dengan ilmu yang lebih luas,situasi dewasa ini dan kemungkinan-kemungkinan yang akan datang dan lain-lainnya.
1. Mengetahui dengan pasti apa yang akan diteliti.
2. Tahu dimana/kepada siapa informasi dapat diperoleh.
3. Tahu bagaimana cara memperoleh data atau informasi.
4. Dapat menentukan cara yang tepat untuk menganalisis data.
5. Tahu bagaimana harus mengambil kesimpulan serta memnfaatkan hasil.

About these ads

Entry filed under: Tidak terkategori. Tags: .

CARA PEMBUATAN TATARBELAKANG MASALAH KARYA ILMIAH Menulis Pengalaman

80 Komentar Add your own

  • 1. khair  |  September 28, 2009 pukul 6:26 am

    kadang semangat banget mau nulis nya..
    ehh tau” pas kebentur jadi MUALAS BUANGET..

  • 2. ujang badru jaman  |  November 5, 2009 pukul 1:49 am

    makasih atas informasi, baiknya kasih salah satu sampel beserta penjelasanya…….!

  • 3. metha  |  November 8, 2009 pukul 7:41 am

    susah banget ya untuk latar belakang,bagaimana yang lainnya??uhhh

  • 4. Hime P  |  November 25, 2009 pukul 1:04 pm

    waaahh..susaaah jugga kalo gak ada contohnyaa yaa… jadi bingunngg…. @_@

  • 5. cico  |  Desember 24, 2009 pukul 3:30 am

    pengen nulis, tp bingung mw mulae dmr mana???

  • 6. pu3  |  Januari 29, 2010 pukul 11:57 am

    aah,,tetep aj msh bingung!!

  • 7. madhan  |  Februari 5, 2010 pukul 4:33 am

    SANGAT BINGUNG!!!
    RIBET, COBA AJA GG ADA LATAR BELAKANG, PZTI ENAK>>

  • 8. CAHAYA nayla  |  Februari 25, 2010 pukul 1:05 am

    makacih ya,,,,,,,,,,,,,,,,

  • 9. Nadia  |  April 14, 2010 pukul 6:28 am

    maunya sih ada contohnya. Nggak ada ya?

  • 10. dwi  |  Juni 3, 2010 pukul 12:45 pm

    nadia mau nya

  • 11. hendra yudha  |  September 29, 2010 pukul 3:36 am

    qw sngt senang dg krya ilmiah karna qw ingin mengetahui apa sh karya ilmiah itu

  • 12. anita  |  November 3, 2010 pukul 5:35 am

    kok contoh latar belakangnya tidak ada

  • 13. pandu  |  November 7, 2010 pukul 12:10 pm

    ie nih,,contohnya dund jd bgg denk @_@

  • 14. nabilla  |  November 17, 2010 pukul 1:06 pm

    thank’s informasix

  • 15. znie  |  Desember 12, 2010 pukul 10:42 am

    makasih deh…sedikit memberi pencerahan n semangat buat menyusun latar belakang…tp sm kaya komen temen2 msh rada bingung n perlu contoh..
    but anyway,thanks^^

  • 16. arumb  |  Desember 15, 2010 pukul 8:37 am

    sedikit memantu tapi lebih enak ada contohnya

  • 17. Emy  |  Februari 8, 2011 pukul 11:36 am

    Szah low g da cntoh’na..
    tmbah bingung . .

  • 18. Dian  |  Februari 26, 2011 pukul 10:32 am

    aduch…
    rbet bget ce bkin LATAR BELAKANG PENULISAN?????
    npha ce pke’ tuch sgla????

  • 19. muing  |  Maret 18, 2011 pukul 3:04 am

    contohnya kya pa

  • 20. lidya  |  Maret 31, 2011 pukul 1:44 pm

    putcchiiing bgtz nich, skripsi hrs slsy bln may gw latar blkng ja blm klar!! da ga sich yg nyjiin lngkp cnth2nya.. plisz

  • 21. jelita panji  |  Mei 13, 2011 pukul 6:20 am

    mau nya yang lengkap dong…………..

  • 22. syifa rusydina  |  Mei 15, 2011 pukul 10:04 am

    minta contohnya dong

  • 23. minishop23  |  Juli 21, 2011 pukul 3:52 am

    sip… thx

  • 24. minishop23  |  Juli 21, 2011 pukul 3:52 am

    tengkiu deh tippp 2nya

  • 25. Sescka Paone  |  September 3, 2011 pukul 2:02 am

    Artikel ini sgt membantuku. Thanks :D

  • 26. A.ilham  |  September 28, 2011 pukul 3:33 am

    Berikan conto donk, untuk lebih mudah lg.

  • 27. noe  |  Desember 14, 2011 pukul 6:40 pm

    Latar belakang emang susah ya…Makanya saya lebih suka latar depan ato latar samping :p

  • 28. arda  |  Januari 15, 2012 pukul 12:31 pm

    menulis latar belakang dari pojok ke pojok
    lebih mudah yg mna nie…..:)

  • 29. karyanaworld.com  |  Januari 26, 2012 pukul 3:48 am

    post yang bagus bisa bantu-bantu yng lain bwt cari artikel latar belakang,thank”s

  • 30. karyanaworld.com  |  Januari 26, 2012 pukul 3:50 am

    bagus postingnya,bisa gampang lo cari artikel ltentang latarbelakang,thank’s

  • 31. sartika  |  Januari 29, 2012 pukul 4:25 am

    gmn dgn istilah introduction, justifikasi, kronologis, n solution

  • 32. Nova  |  Februari 13, 2012 pukul 2:27 am

    Ada yang punya tentang sistem pembelian Import?

  • 33. Winda  |  Februari 18, 2012 pukul 4:48 pm

    aduhhh bingung mau nulis awal2 nya gimana ya

  • 34. Jenderal  |  Februari 24, 2012 pukul 8:06 am

    Om kenalan dong

  • 35. pocong  |  Februari 24, 2012 pukul 8:08 am

    Om kata qubil artikelnya jelek BUANGET

  • 36. yunii  |  Maret 1, 2012 pukul 12:53 pm

    sya belum ngerti gmna cara buat latar belakang,,
    mohon petunjuknya agr mudah sya mengerti..

  • 37. devy nabila  |  Maret 3, 2012 pukul 8:05 am

    contohnya kayak gimana ?

  • 38. sysy  |  Maret 10, 2012 pukul 12:48 pm

    mbak saya kurg ngrti nihh
    coba d tampilkan M D A E K nya

  • 39. Nur Muhamad  |  Maret 11, 2012 pukul 2:59 pm

    thx….. insya allah bermanfaat.

  • 40. Maimunah uneh  |  Maret 22, 2012 pukul 2:18 am

    Good

  • 41. fathimah  |  Maret 27, 2012 pukul 3:25 am

    minta contohnya dalam PAI ya?

  • 42. setya  |  April 4, 2012 pukul 1:04 am

    kasik contok kata-kata nya dunk yang lengkap…

  • 43. setya febriyanto  |  April 4, 2012 pukul 1:05 am

    oh ea ada yang lupa tolong kasik cara penulisan kata-kata nya atau contoh nya….

  • 44. Cutez Akila  |  April 13, 2012 pukul 3:23 pm

    owwhh…
    great

  • 45. sonyia  |  April 23, 2012 pukul 3:35 am

    kasih satu contohnya donkkk
    bingung nih gak da contohnya……>

  • 46. azizah  |  April 29, 2012 pukul 7:12 am

    tolong ksh contoh nya jg dwong……..

  • 47. wengky  |  Mei 3, 2012 pukul 2:42 pm

    ko ora paham ya saya…???

  • 48. Yeni  |  Mei 5, 2012 pukul 2:06 am

    coba ksh contohnya masalah perhotelan,,,, bingung nich,,,, tolong di bantu y

  • 49. sandythemovie  |  Mei 24, 2012 pukul 8:24 am

    alhamdulilahh,,, dapett,, thanx ya, gw jadi punya ide

  • 50. hasan  |  Juni 2, 2012 pukul 3:34 am

    mkasih gan,,,
    artikelny lmyan bsa mmbantu

  • 51. Click here  |  Juli 7, 2012 pukul 4:11 pm

    whoah this blog is great i really like reading your posts.
    Keep up the great work! You know, many persons are searching round for this
    info, you could help them greatly.

  • 52. fatwa  |  Juli 23, 2012 pukul 2:36 pm

    nyhahahaha
    lu ngopi dari brp link itu gan ?
    banyak bener
    sumpah, berantakan bgd buatnya -_-

  • 53. dydy  |  Agustus 7, 2012 pukul 9:58 am

    cari mood buat ngerjain skripsi itu susah.. padahal ga da kesibukan apapun tuh skripsi masi d diemin.. trus bgtu uda mau maju sidang masi aja males2an ga belajar..

  • 54. Estrid  |  September 11, 2012 pukul 1:19 pm

    kok gak ada contohnya ya?

  • 55. zahra  |  September 13, 2012 pukul 5:59 am

    gimana cara nya membuat latar belakang untuk pemulu ? karna aku baru hehheh yang simple aja.

  • 56. mara  |  September 15, 2012 pukul 3:24 am

    masih bingung

  • 57. rosy  |  September 20, 2012 pukul 1:55 pm

    masih belum mudeng,,,

  • 58. nunuk  |  Oktober 9, 2012 pukul 7:44 am

    semangat untuk mahasiswa dan mahasiswi tingkat akhiir

  • 59. edo  |  Oktober 11, 2012 pukul 12:34 pm

    gimana nihh, q ada tugas

  • 60. ayuni  |  Oktober 13, 2012 pukul 2:37 am

    mskipun macih bingung gmn carax bwat latar belakang, tp tetep hrus KEEP SPIRIT!!!!!!!!!

  • 61. firdaus  |  Oktober 21, 2012 pukul 7:10 am

    kasih conto lansung aja han biar pada paham

  • 62. intan mei  |  November 11, 2012 pukul 5:37 am

    wah ngak ada contohx nich jdi masih bingung

  • 63. lydia alya  |  November 20, 2012 pukul 1:33 pm

    masih bingung ne…. :(

  • 64. Haru Akito Crosszeria  |  Desember 6, 2012 pukul 2:55 pm

    Btw itu referensinya dapat darimana tent
    ang penulisan latar belakag? Td pas sy baca koq ada poin2 yg bwt penelitian terapan?

  • 65. Proposal formal | abdsalamaris  |  Desember 26, 2012 pukul 2:42 am

    [...] 1)      Latar belakang masalah [...]

  • Web site

  • 67. Asty Wiliam  |  Januari 23, 2013 pukul 1:12 pm

    Aduh aq pusing nihh. . Latar belakang nya susah banget. .

  • 68. nur sayank ary  |  Maret 5, 2013 pukul 9:20 am

    haduuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh………………..susahhhhhhhhhhhhhhhhhhh bgetzzzzzzzzzzzzzzzzzzz……………………….

  • 69. Muhammad Al-Bukhara Al-Imam Muslim  |  April 8, 2013 pukul 2:21 pm

    Sangat Gampang Menulis Karya Ilmiah Kecil

    Latar Belakangnya

  • 70. Hakam Hamadi  |  April 23, 2013 pukul 4:41 am

    mumet mas

  • 71. Www.pokiesentertainment.com  |  April 29, 2013 pukul 4:45 pm

    Hey there just wanted to give you a quick heads up. The words
    in your post seem to be running off the screen in Internet
    explorer. I’m not sure if this is a format issue or something to do with internet browser compatibility but I thought I’d post to let you know.
    The design and style look great though! Hope you
    get the problem fixed soon. Many thanks

  • 73. justin beiber  |  Agustus 7, 2013 pukul 10:26 am

    Magnificent goods from you, man. I’ve bear in mind your stuff previous to and you’re simply
    extremely great. I really like what you’ve got here, really like what you’re saying and
    the way in which you assert it. You are making it entertaining
    and you still care for to keep it sensible.
    I can not wait to learn far more from you. That
    is really a tremendous website.

  • 74. ade irwan  |  September 8, 2013 pukul 1:40 am

    pengen liat contohny, biar lbih jelas

  • 75. puspianai  |  Oktober 13, 2013 pukul 1:36 am

    seharusnya ada contohnya

  • 76. sumeisa  |  Oktober 13, 2013 pukul 8:45 am

    susahnya buat latar belakang

  • 77. akudankamuselamanya  |  Oktober 16, 2013 pukul 2:05 pm

    ingin lihat contohnya

  • 78. erul  |  Oktober 18, 2013 pukul 11:38 am

    ow gitu tho,,

  • 79. sufi anggita  |  November 23, 2013 pukul 8:53 am

    masih bingung mau mulai darimana

  • 80. Rzky  |  Januari 19, 2014 pukul 2:12 pm

    Lieur keneh euy .. contona mana ??? pentng tuh contohna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


September 2008
S S R K J S M
« Jun   Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Flickr Photos

To Let

More Photos

Feeds

Blog Stats

  • 143,076 hits

Klik tertinggi

  • Tidak ada

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: