KEINDAHAN SALJU

April 8, 2008 at 6:25 am 1 komentar

Kelembutannya hanya bisa dirasakan di sebagian belahan dunia
 
Warnanya putih bersih. Terasa lembut dengan sentuhan tangan. Kehadirannya menandakan telah tiba musim dingin. Dedaunan, jalanan, bangunan, semua tampak putih. Pemandangan yang sungguh mengagumkan. Tentu saja, salju hanya muncul di negara yang mengalami empat musim. Warga Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa hampir tidak bisa menikmati keindahannya secara alami bila tidak menggunakan sarana khusus. Salju, yang menyimpan misteri tersendiri di balik keindahan dan kelembutannya


Salju berasal dari uap air yang berkumpul di atmosfir. Kumpulan uap air mendingin sampai pada titik kondensasi, dan kemudian menggumpal membentuk awan. Awalnya, gumpalan-gumpalan uap air mengapung di udara karena massanya jauh lebih ringan daripada udara di bawahnya. Dengan kata lain udara di bawahnya menahan gumpalan air agar tetap berada di atas, seperti halnya kayu yang tetap mengapung di atas air. Namun, setelah gumpalan uap air terus bertambah dan massanya semakin berat, udara di bawahnya tidak sanggup lagi menahannya dan gumpalan-gumpalan itupun jatuh. Jika temperatur udara di bawahnya cukup dingin, gumpalan tadi jatuh berupa kristal-kristal es (salju). Pada banyak kasus di dunia ini, proses turunnya hujan selalu dimulai dengan salju beberapa saat dia jatuh dari awan tapi kemudian mencair saat melintasi udara yang panas.

Misteri tentang serpihan salju masih merupakan teka-teki bagi para ilmuwan. Maha Besar Allah yang menciptakan tiap kristal salju yang telah terbentuk dengan sempurna 6 sisi atau 6 titik. Para ilmuwan masih penasaran dengan bentuk kristal salju yang rata atau ceper, tidak bulat seperti hujan batu es atau titik air. Lama proses pembentukan kristal salju hingga sekarang belum diketahui. Kristal salju memiliki bentuk unik. Tidak ada kristal salju yang memiliki bentuk yang sama di dunia. Padahal, sudah tak terhitung kristal salju yang turun ke bumi dan semuanya memiliki bentuk kristal yang berbeda satu sama lain. Subhanallah.

Warna putih pada salju menjadi hal yang menarik untuk diamati. Konsentrasi listrik dalam kristal es lebih tinggi daripada air atau udara. Cahaya yang datang mengenai kristal es akan dibelokkan, beberapa malah dipantulkan. Karena bentuk salju seperti bola-bola kecil, maka cahaya dipantulkan ke segala arah. Hasilnya adalah warna putih.
Hamparan salju yang tebal di suatu wilayah menjadi tempat wisata yang menyenangkan. Selain dipakai untuk main ski dan kereta luncur, anak-anak kecil akan senang bermain perang-perangan salju atau membuat berbagai benda dari salju.

Salju merupakan sumber alam yang begitu berharga. Salju yang menumpuk di pegunungan selama musim dingin akan mencair perlahan-lahan ketika musim semi dan musim panas dapat menjadi sumber penyediaan air yang penting bagi makhluk hidup. Salju juga berfungi sebagai penahan panas tanah agar panas tidak menguap ke udara. Salju menjaga agar akar tumbuh-tumbuhan dapat hidup bertahun-tahun karena pembekuan. Dengan demikian, salju berperan penting dalam menjamin kelangsungan hidup tumbuhan dan hewan.

Panas atau dingin yang dirasakan tubuh manusia ditentukan oleh temperatur efektif. Ada tiga hal yang mempengaruhinya yaitu temperatur mutlak yang diukur langsung dengan termometer ke benda yang bersangkutan, kelembaban udara dan kecepatan aliran angin. Di daerah yang sedang mengalami musim dingin, apabila angin bertiup kencang dan udara kering, turunnya salju akan meningkatkan kelembaban udara. Yang terjadi, salju justru memberi kehangatan di musim dingin.

Manusia tentu saja tidak menghendaki turunnya salju yang berlebihan dan bahkan membahayakan. Salju yang berlebihan turun jika gumpalan udara panas bergerak naik, bergabung dengan gumpalan udara bersuhu dingin. Jika udara yang panas ini menjadi basah sedangkan udara yang dingin suhunya tetap, maka keadaan ini menyebabkan terjadinya salju dalam jumlah berlebihan. Salju akan terus terbentuk selama ada udara lembab yang panas terus berlangsung dan selama udara udara ini naik melewati udara dingin. Timbunan salju setinggi 2 cm per jam merupakan hal yang biasa. Tetapi jika penimbunan salju berjam-jam, maka timbuna salju akan menggunung dan menimbulkan masalah tersendiri jika berada di areal pemukiman penduduk.

Timbunan salju yang berlebihan disertai tiupan angin kencang disebut dengan badai salju. Badai semacam ini pernah melanda kota New York sekitar tahun 1888 dan menimbulkan kerusakan dan kerugian yang besar. Kota New York terkubur oleh salju dan banjir salju mencapai jendela rumah di lantai dua. Lalu lintas darat bahkan hingga jembatan layang macet total. Tiang-tiang kabel listrik roboh karena tak mampu menahan kabel yang dililiti salju dalam jumlah besar. Jalur kereta api dan komunikasi telpon terputus. Kemudian, di kota ini juga pernah terjadi timbunan salju yang mencapai 65,5 cm dalam waktu kurang dar 24 jam.

Beberapa tahun terakhir, fenomena menarik terjadi di semenanjung Arab. Sebagian besar wilayah yang terdiri daripadang pasir ini mengalami hujan salju. Pada tahun 2002, hujan salju terjadi di daerah Tabuk 1500 km dari Riyad (Ibukota Arab Saudi) dengan ketebalan salju mencapai 20 cm. Sedangkan di Yordania suhu mencapi titik beku (0 derajat celcius). Kejadian ini menarik perhatian semua orang. Namun, bagi umat Islam, kejadian tersebut mengisyaratkan semakin dekatnya hari kiamat. Hal ini telah dilansir oleh sebuah Hadits Rasulullah yang menyebutkan bahwa salah satu tanda datangnya kiamat ialah ketika dataran Arab berubah menjadi padang rumput dan dipenuhi aliran sungai.

Tiada ciptaan Allah yang tidak bermanfaat. Salju putih tak hanya berperan penting dalam siklus di alam, tapi keberadaannya juga menjadi bukti akan kebenaran ajaran Islam yang disebarkan oleh Rasulullah. •

Entry filed under: Tidak terkategori. Tags: .

Pemuda Yang Unggul 3.3 UNSUR-UNSUR KEPRIBADIAN:PERASAAN

1 Komentar Add your own

  • 1. Tiwie  |  Desember 4, 2009 pukul 11:08 am

    SubhanaLLAH…
    Jd kepingin Lihat saLju beneran neh,T_T

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Flickr Photos

Station..

Lebih Banyak Foto

Feeds

Blog Stats

  • 223,866 hits

%d blogger menyukai ini: